9 Tips Membeli Mobil Bekas Yang Perlu Anda Perhatikan

Lensa-balikpapan -/ Bersamaan dengan semakin tingginya kebutuhan kendaraan pribadi, maka makin banyak pula yang mencari tips membeli mobil bekas.

Mobil bekas sering menjadi pilihan alternatif bagi orang yang memerlukan kendaraan, tapi punya keterbatasan dana. Namun, proses pembeliannya membawa beberapa tantangan tersendiri.

beli mobil bekas berkualitas dan bergaransi.

Mari simak lebih lanjut apa saja tips agar bisa membeli mobil bekas yang sesuai.

Tips Membeli Mobil Bekas

Mencari mobil bekas itu gampang-gampang susah. Pasalnya, walau banyak penjual yang menawarkan mobil bekas, tidak semuanya terjamin berkualitas. Bahkan, tidak jarang pembeli mobil bekas merasa harga yang dibayar tidak sepadan.

beli mobil bekas berkualitas dan bergaransi.

Supaya tidak salah pilih, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut:

1. Cari Mobil yang Sesuai Kebutuhan

Tips membeli mobil pertama yaitu mencari mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingat, setiap tipe mobil menawarkan kelebihan masing-masing. 

Sebagai contoh, car city yang ramping merupakan kendaraan ideal untuk penggunaan di daerah perkotaan. Namun, kendaraan ini memiliki kapasitas yang terbatas, sehingga bisa kurang memadai untuk gkeluarga besar.

Maka, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari mobil yang paling sesuai. Misalnya, dengan mengunjungi mobil yang tersedia di Cars Gallery – Platform Jual Beli Mobil Bekas.

2. Siapkan Budget

Selanjutnya, Anda perlu mempersiapkan budget yang mencukupi untuk membeli mobil pilihan.

Ada baiknya untuk mempersiapkan terlebih dahulu budget sejak awal. Sehingga bisa melakukan pencarian mobil bekas yang sesuai kebutuhan sekaligus pas dengan anggaran.

Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan supaya tidak mengakibatkan dampak buruk bagi kondisi keuangan.

Anda juga sebaiknya tetap menentukan budget untuk beli mobil meskipun menggunakan pembayaran secara kredit. Tujuannya yaitu supaya tidak mengganggu kondisi finansial. 

3. Jangan Langsung Terpancing Harga Miring

Tips membeli mobil bekas selanjutnya yaitu memastikan tidak terpancing oleh iming-iming harga miring.

Saat melakukan pencarian, Anda bisa menemukan beberapa penjual yang membanderol mobil dengan harga jauh di bawah harga jual rata-rata. Nah, hal tersebut sering menggiurkan konsumen mobil bekas yang memang butuh kendaraan murah.

Namun, Anda sebaiknya tidak mudah terbuai dengan iming-iming harga murah. 

Pasalnya, mobil bekas yang terlalu murah bisa jadi mengalami kerusakan parah. Seperti mobil bekas kecelakaan berat atau pernah terendam banjir.

4. Pertimbangkan Beli dari Pemilik

Beli dari pemiliknya langsung bisa menjadi cara membeli mobil bekas dengan kualitas bagus dan harga lebih miring.

Mengapa demikian? Karena mobil masih berada di tangan pertama, yaitu pemilik sebelumnya. Biasanya, pemilik tidak memprioritaskan cari untung, sehingga harga mobil cenderung lebih murah.

Berbeda apabila Anda mengunjungi showroom atau dealer yang mana memang mencari keuntungan dari setiap penjualan. 

Meskipun begitu, beli dari dealer juga ada kelebihannya. Salah satunya yaitu memungkinkan Anda memiliki banyak pilihan mobil sebagai pertimbangan.

5. Cek Kondisi Kendaraan

Tips membeli mobil bekas agar tidak tertipu yaitu dengan melakukan pengecekan langsung. 

Baik membeli melalui dealer maupun lewat platform online, Anda sebaiknya mengunjungi lokasi mobil untuk melakukan pengecekan. Tujuannya yaitu untuk memastikan mobil bekas berkualitas bagus.

Pengecekan mobil perlu Anda lakukan secara menyeluruh. Mulai dari bodi, interior, aksesoris, fungsi fitur-fitur yang ada, hingga kondisi mesin.

6. Gunakan Jasa Inspeksi

Banyaknya pembeli mobil bekas yang mengeluhkan harga tidak sepadan sering kali berakar dari kurangnya pemahaman. Sehingga meskipun sudah melakukan pengecekan, pembeli tidak bisa mengenali masalah yang ada pada mobil.

Padahal, karena sudah pernah terpakai, kondisi mobil bekas biasanya tidak sepenuhnya prima. Sehingga mobil bekas bisa mengalami masalah atau kecacatan minor. 

Apabila Anda menginginkan pengecekan secara akurat, maka bisa mempertimbangkan menggunakan jasa inspeksi.

7. Lakukan Test Drive

Termasuk tips sebelum membeli mobil bekas yang wajib Anda terapkan yaitu melakukan test drive.

Test drive merupakan kesempatan bagi calon pembeli untuk merasakan secara langsung performa mobil incaran. Melalui test drive, Anda juga bisa memastikan apakah mesin dan berbagai aksesoris mobil bekerja dengan normal.

Test drive biasanya dilakukan dengan berkendara sebentar. Jadi, jaraknya cukup terbatas.

Nah, supaya bisa menguji kestabilan laju kendaraan dan transmisi, maka Anda bisa mencoba melewati jalan menanjak.

8. Cek Kelengkapan Surat

Mengecek kelengkapan surat kendaraan termasuk hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat memilih mobil baru.

Pastikan mobil memiliki dokumen seperti BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan buku service.

Anda juga perlu memperhatikan keaslian dokumen tersebut karena terkadang ada penjual nakal yang menggunakan dokumen palsu untuk menjual mobil curian.

Pengecekan kelengkapan surat ini sangat penting supaya tidak salah beli mobil yang terkendala hukum. Terlebih lagi, ketersediaan surat kendaraan yang lengkap akan memudahkan pengurusan perpindahan kepemilikan mobil.

9. Cek Riwayat Service

Termasuk juga hal yang perlu Anda cek saat memilih mobil bekas yaitu riwayat service kendaraan. Inilah mengapa Anda disarankan memastikan mobil punya buku service.

Melalui pengecekan riwayat service, Anda bisa mengetahui apakah mobil mendapat perawatan yang baik. Mobil yang mendapatkan service secara rutin dan sesuai jadwal lebih terjamin kelayakan dan kualitasnya.

Beli Mobil Bekas Berkualitas

Setelah menyimak tips membeli mobil bekas, sekarang Anda tentu sudah siap untuk mulai mencari kendaraan yang sesuai.

Cars Gallery menyediakan banyak pilihan mobil bekas dari berbagai tipe dan merk. Jadi, Anda bisa dengan mudah mencari mobil yang sesuai kebutuhan melalui platform jual beli ini.

Cars Gallery merupakan tempat yang tepat untuk beli mobil bekas berkualitas dan bergaransi.

sumber : CarsGalerry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Halo!

Selamat datang di Website resmi Media Lensa Balikpapan Online, anda bisa menghubungi kami melalui whatsapp atau mengirimkan email ke lensabalikpapan01@gmail.com

× Apa yang bisa kami bantu?