Iwan Wahyudi : Pemkot Dan Pertamina Bisa Kolaborasi Lakukan Penataan PKL di Lapmer

Lensa-balikpapan -/ Penertiban Pedagang Kali Lima (PKL) di Lapangan Merdeka, menjadi sorotan, salah satunya Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, H Iwan Wahyudi.

Politisi PPP sangat menyayangkan terjadinya penertiban terhadap pedagang kaki lima di kawasan milik Pertamina. “Memang keputusan ini merupakan kewenangan Pertamina dalam hal menata kawasannya,” jelasnya, Senin (20/11/2023).

Pihak Pertamina juga melakukan pertimbangan untuk memperhatikan para pedagang yang mengandalkan perekonomiannya dari kawasan itu.

Untuk itu, ia mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Terkait untuk dapat menemui pihak Pertamina, supaya bisa berkolaborasi bersama melakukan pembinaan kepada para PKL yang berjualan di kawasan itu.

“Kita punya Perda Penataan PKL. Kita bisa berkolaborasi dengan pihak Pertamina selaku pemilik kawasan. Jadi pedagang kita yang sudah bagus usahanya nggak langsung dilarang berjualan, seharusnya dilakukan pemberdayaan. Disitukan sudah muncul kawasan ekosistem usaha, masyarakat Balikpapan berharap kehidupan dari disitu,” terangnya.

Seharusnya pihak Pertamina tidak melakukan penertiban tapi penataan, meskipun dengan alasan menggangu estetika kota, keindahan dan kebersihan kota, para pedagang dilarang berjualan.

Hal itu menurutnya bisa diatur bersama dengan kolaborasi. Penataan itu dapat dilakukan kajian bersama. Pihak Pertamina mungkin mempunyai gambaran dan pelaku usaha juga memiliki harapan untuk tempat yang lebih ekonomis berjualan. “Kami nanti monitoring dan berkoordinasi dengan dinas terkait,” ucapnya.

“Estetika, keindahan dan kebersihan semua bisa diatur. Kita sama-sama lakukan pembinaan, penataan dan kesepakatan kalau nggak bersih akan dievaluasi sekali, dua kali sampai berkali-kali berarti teman-teman (pedagang) yang tidak komitmen,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Halo!

Selamat datang di Website resmi Media Lensa Balikpapan Online, anda bisa menghubungi kami melalui whatsapp atau mengirimkan email ke lensabalikpapan01@gmail.com

× Apa yang bisa kami bantu?